Selasa, 08 Mei 2012

L'Arc en Ciel



L'Arc~en~Ciel, sebuah grup musik Jepang beraliran J-Rock yang beranggotakan Hyde (vokal), Ken (gitar), Tetsu (bass), dan Yukihiro (drum). Didirikan oleh Tetsu pada Februari 1991, nama L'Arc~en~Ciel yang berarti 'pelangi' diambil dari judul sebuah film Perancis yang pernah ditonton oleh Tetsu.

Memulai debutnya pada tahun 1991, Laruku, begitu band ini biasa disebut, sukses menjual lebih dari 28 juta kopi album dan single. Mereka masuk dalam daftar Top 100 musisi pop Jepang dan berada pada urutan ke-58. Mereka juga termasuk seniman yang paling berpengaruh di dunia musik Jepang.


Sebelum formasi Hyde, Tetsuya, Ken, dan Yukihiro, band ini beranggotakan Hiro (gitar), dan Pero (drum). Mereka berdua hengkang setahun setelah band ini berdiri. Pero lalu digantikan oleh Sakura sampai tahun 1997.

KARIR
Album pertama Laruku dirilis pada tanggal 10 April 1993. Dalam album bertajuk DUNE ini mereka masih tampil sebagai band indie. Album tersebut kemudian meraih puncak tangga di Oricon Indies Chart pada bulan Mei 1993. Hanya dalam waktu 3 bulan, album mereka sudah terjual 20.000 keping CD.

L'Arc~en~Ciel kemudian mendapat job manggung dalam konser band-band indies Kari Naru Masho yang diadakan di Shibuya Kokaido. Tampil di hadapan 2000 penonton membuat popularitas Laruku pun semakin menanjak. Mereka lalu memutuskan untuk hijrah ke Tokyo pada bulan September 1993.

Pada tanggal 1 Juli 1994, video single mereka Nemuri Ni Yosete dirilis. Menyusul dua minggu kemudian, 14 Juli 1994 album kedua mereka TIERRA yang merupakan album pertama mereka yang berlabel major pun dirilis. Hari itu sekaligus juga menjadi hari pertama tur Sense of Time.

Album ketiga mereka, HEAVENLY dirilis pada tanggal 1 September 1995. Untuk pertama kalinya album mereka masuk ke Oricon Chart, sebagai band major label, langsung di posisi ketiga. Dalam album ini terjadi perubahan warna musik dibandingkan dengan dua album sebelumnya. Musikalitas mereka menjadi semakin matang.

Tanggal 12 Desember 1996, album keempat mereka TRUE dirilis. Album ini merupakan album tersukses mereka selama lima tahun terakhir karier mereka. Pada minggu pertamanya, album tersebut berhasil meraih posisi runner-up di Oricon Chart, dan pada minggu keenamnya berhasil menduduki posisi jawara. Album ini bertahan selama 9 minggu dalam daftar 10 besar di Oricon Chart.

Tahun 1997 adalah mimpi buruk bagi grup band ini. Bulan April Sakura terpaksa didepak karena terlibat kepemilikan narkotika dan obat-obatan terlarang. Sakura resmi keluar dari Laruku pada tanggal 4 November 1997. Di tengah kegemilangannya, Laruku terpaksa harus rela membatalkan seluruh rencana tur dan peluncuran single baru mereka.

Ditandai dengan gelaran konser berjudul Reincarnation yang digelar di Tokyo Dome, L’Arc~en~Ciel kembali secara resmi sejak tanggal 13 Desember 1997. Laruku terdiri dari tiga orang personil resmi, yaitu Hyde (vokal), Tetsu (bass), Ken (gitar) dan satu personil tambahan di posisi drummer, yakni Yukihiro yang resmi bergabung pada tanggal 1 Januari 1998.

Pada tanggal 25 Februari 1998 album kelima mereka, HEART diluncurkan, hebatnya album ini selain mampu mencapai posisi puncak Oricon Chart, angka penjualannya pun mencapai 1 juta kopi dalam minggu pertamanya.

Tanggal 20 Juni, album ECTOMORPHED WORK dirilis. Album tersebut berisikan beberapa lagu L’Arc~en~Ciel sebelumnya yang telah di-remix oleh Yukihiro, dan album selanjutnya REAL pada tanggal 20 Agustus 2000.

L’Arc~en~Ciel kemudian merilis album yang banyak ditunggu-tunggu, SMILE, pada tanggal 31 Maret 2004. Album berikutnya, AWAKE dirilis pada tahun 2005. Album terbaru mereka KISS, kemudian dirilis pada 21 November 2007, menduduki tangga lagu pertama di posisi nomor satu di Oricon chart.

Setelah itu, mereka vakum sampai tahun 2011. Untuk merayakan 20 tahun kebersamaan mereka , L'Arc~en~Ciel menggelar Konser 20th L'Anniversary di Stadion Ajinomoto, Tokyo pada 28-29 Mei, 2011. Meskipun konser itu direncanakan sebelum Gempa Besar Jepang Timur, semua hasil dari konser disumbangkan untuk upaya bantuan tragedi tersebut.

Kemudian L'Arc~en~Ciel kembali dengan mengelar L'Anniversary Tour Jepang masih pada tahun 2011. Mereka juga berencana menggelar World Tour untuk 2012 ,dan menandakan kembalinya mereka dari vakumnya.

sumber : kapanlagi.com

1 komentar:

Fauziah mengatakan...

ken.. XDD makasi infonya : D @pao_d_luffy